Short Course di Negeri Kincir Angin Part 2

Alhamdulillah, saya diberi kesempatan oleh Allah untuk kembali menginjakkan kaki ke negeri Kincir Angin Belanda di tahun 2016 ini , setelah tahun 2015 lalu saya juga mendapat kesempatan short course ditempat yang sama, Wageningen Belanda. Hanya saja kali ini sedikit berbeda karena sponsornya adalah StuNed  (Studeren in Netherland). Informasi lengkap bisa klik link ini http://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned .
Berikut ini saya tulis urutan proses saya mendapatkan beasiswa StuNed ini dengan harapan dapat menjadi pedoman bagi siapa saja yang berminat untuk mengikuti Short Course di Negeri van Oranje ini:

1. Melalui link ini http://www.wageningenur.nl/en/Expertise-Services/Research-Institutes/centre-for-development-innovation/short-courses.htm saya mendapatkan tema shortcourse yang sesuai dengan background saya sebagai seorang peneliti dbidang  teknologi pertanian. Saya memilih tema “Governance & Food Safety in International Food Chains” yang akan diselenggarakan selama  3 minggu (7 Maret s/d 25 Maret 2016) di Wageningen.

2.  Setelah  melengkapi persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, maka pada Bulan Oktober 2015, saya mengirimkan dokumen permohonan beasiswa ke Nuffic Neso Indonesia melaui pos. Karena deadline untuk apply beasiswa StuNed adalah Minggu pertama November.

3. Tanggal 16 November 2015 saya mendapat email balasan dari Nuffic Neso Indonesia yang menyatakan saya lulus seleksi sebagai penerima beasiswa StuNed 2016. Waahh  senang sekali rasanya.

4. Tanggal 23 Novemer 2015 saya mendapat email balasan dari CDI (Centre for Development Innovation), Wageningen UR pihak penyelenggara kegiatan shortcourse di Belanda yang menyatakan saya lulus sebagai kandidat peserta shortcourse di Belanda. Mereka turut melampirkan Letter selected candidate dan Visa support letter yang berguna untuk pengurusan visa Schengen. Nah, ini yang membuat saya lega dan  lebih yakin karena  pihak penyelenggara dan pemberi beasiswa sudah benar-benar melegalkan saya untuk shortcourse ini yaaayyy….

5. Tanggal 1 Desember2016, pihak CDI WUR mengirimkan dokumen-dokumen; hotel confirmation, dan health insurance melalui email dan untuk flight ticket mereka mengatakan akan di arrange oleh Neso Jakarta. Nah untuk kali ini saya diinapkandi  Hotel Reehorst yang berlokasi di Ede Wageningen.

6. Tanggal 14 Desember 2015, pihak Neso mengirimkan email pemberitahuan bahwa akan diadakan Pre-Departure Briefing di kantor Neso Jakarta sekalian pengurusan Visa Schengen bagi awardee yang menggunakan ordinary pasport (traveling passport). Neso telah mengarrange pertemuan selama 2 hari 1 malam di Kantor Neso  di Menara Jamsostek Lt. 20 | Jl. Gatot Subroto No. 38, Jakarta 12710. Semua tiket dari dan menuju Jakarta di tanggung Neso dengan reimbursement system. Kami juga mendapat 1 malam penginapan di Hotel Bintang 3 yaitu Neo Hotel. Alhamdulillah… Neso juga melampirkan visa application form yang harus diisi serta contoh pengisiannya. Dokumen ini nantinya menjadi salah satu syarat pengurusan  visa di Kedutaan Belanda selain Passport, LoA, pasphoto, surat kontrak beasiswa, asuransi, tiket, surat keterangan kerja.

7. Tanggal 4 Januari 2016 saya mengirimkan email ke Neso yang menyatakan saya bersedia untuk datang dan mengikut PDB serta mengurus visa bersama.

8    Berikut ini adalah jadwal Pre-Departure Briefing yang di arrange oleh Neso  Jakarta

No
Date
Activities
Time
Place
Remarks
1.
Thursday, 21 Jan, 2016
1.   Departure from your hometown to Jakarta
2. Visa application documents check.
3.   StuNed Award Letter signing
4.   Welcoming session
Prior to the welcoming session




Registration:
13.30 – 13.50
Welcoming session: 14.00 – 16.00
Nuffic Neso Indonesia
Menara Jamsostek Lantai 20
Jl. Gatot Subroto no. 38
Jakarta
  1.         Bring all documents related to visa application (see attachment)*
  2.          Bring 2 copies of “materai 6000”

2.
Friday, 22 Jan, 2016

1.   Visa application



2.   Depart back home
08.00 – 10.30 (visa submission time)
Please be there ON TIME!
The Embassy of Netherlands
Jalan HR Rasuna Said Kav.S-3
Jakarta
  1.         Bring all documents related to visa application    2. Application received outside that time will not be processed.



Nah, sampe disini dulu informasi yang bisa saya berikan… saat ini saya sedang mempersiapkan mental dan fisik untuk keberangkatan yang insyaAllah tinggal 1 bulan lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IVF Journey : Menjemput Impian

Netherlands- Belgium-France dalam 2 hari 1 malam

Dikerjain "tukang"