IVF Journey : Menjemput Impian

Bismillahhirrohmanirrohiim

Alhamdulillah..Setelah beberapa waktu mencoba berdamai dengan hati yang hancur karena gagal In Vitro Fertilization (IVF), akhirnya Alloh sudah beri kekuatan kembali untuk bisa menulis, sharing "petualangan seru" saya dan suami untuk menjemput impian kami..sang buah hati. Semoga tulisan ini bisa jadi referensi buat pasangan yang ingin IVF atau Bayi Tabung. Banyak yang nanya apa sih yang harus disiapkan sebelum memutuskan untuk IVF??.... Mental, fisik dan finansial adalah hal penting yang wajib dimiliki pasangan suami-istri yang berniat Bayi Tabung. Karena proses bayi tabung ini menguras tenaga, emosional dan tentunya kantong setiap pasangan. Untuk lebih detilnya, disetiap step yang saya lalui saya lengkapi juga dengan pengeluaran kami yang relevan dengan program ini.

Kenapa IVF ICSI?

Sepuluh tahun menikah bukan waktu yang sebentar untuk kami dalam ikhtiar menanti buah hati. Setelah kegagalan dalam program Inseminasi Intra Uterine (IUI) Oktober 2016 lalu, dan hasil tes AMH saya yang sangat rendah (0,15), dan berdasarkan konsultasi ke Obgyn yang menyatakan kalau saya ingin punya anak maka harus segera dilakukan tindakan yang agresif, saya dan suami sepakat untuk fokus menabung untuk Bayi Tabung atau IVF (In Vitro Fertilization). Ya, dari hasil tes AMH menunjukkan jumlah stok sel telur yang dibawah rata-rata untuk wanita seusia saya -36 tahun-. Sampai-sampai dokternya heran -kenapa bisa begitu rendah- apakah saya pernah dioperasi sebelumnya? Saya ga pernah melakukan operasi miom atau sejenisnya koq, opname aja baru 1 kali itupun gegara DBD tahun lalu heheee....Well, dengan kondisi seperti ini dokterpun menyarankan kami untuk melakukan program IVF ICSI (Intra Cytoplasmic Sperm Injection).

Start the Journey 

Setelah browsing dan menimbang beberapa aspek diantaranya, akomodasi dan  transportasi, akhirnya kami memutuskan untuk konsultasi ke dr. Ihsan Suheimi di RS. Pekanbaru Medical Center  Pekanbaru. Kami yang berdomisili di kota Jambi mau tak mau harus menempuh sekitar 10 jam ke Kota Pekanbaru by car. Mobil SUV kami udah kaya rumah kedua, ada kasur, bantal, dan untuk kenyamanan kami, sengaja suami mencopot dua buah kursi tengah sehingga saya dapat tidur lebih nyaman nantinya.. Thanks Hun
Karena ini adalah perjalanan pertama kami dengan "jalan darat" ke Pekan baru, kami lebih santai dan Google Map pun jadi andalan- Thanks to technology-.


Hyundai Trajet yang disulap jadi kamar berjalan 




Main Gate Pekanbaru Medical Center



Jum'at, 29 September 2017 (Cycle Day #3)

Tepat pukul 01.00 dini hari kami sampai di kota Pekabaru. Kami bermalam di mobil yang berada di area parkir RS. PMC. Mandi pagi di toilet RS kami lakoni. Suster Gea -yang sudah kami hubungi bebrapa hari sebelumnya- mengabarkan lewat Whatsapp kalau hari itu dr. Ihsan berada di kliniknya di Apotik Asean 2 di Jl. A. Yani. Kamipun segera beranjak ke lokasi prakteknya sambil nyari sarapan. Jam 09.00 kliniknya masih tutup dan tepat 09.30 WIB dr. Ihsan datang dan langsung kami utarakan maksud kami. Dokter minta saya untuk menceritakan riwayat kesehatan dan apa saja treatment yang telah saya dapat. Dokter memberi surat rujukan untuk tes sperma di PMC dan saya harus tes FSH dan estradiol di Laboratorium Pramita pagi itu juga dan  disuruh datang kembali dengan membawa hasil lab jam 19.00. Alhamdulillah, kata mba customer servicenya, khusus pasien Dr. Ihsan dapet diskon 20%/.. yeeeaaaayy
Hasil lab keluar lebih kurang 3 jam, dan selama itu pula kami muter-muter kota Pekanbaru sambil nyari kost-kostan deket RS. Alhamdulillah, dapet kost yang berjarak cuma 300m dari RS. Sorenya, kami kembali ke klinik. Dari hasil lab didapat kalau sperma suami Teratozoospermia namun masih tergolong normal. Dokter juga bilang kalau ukuran rahim saya cenderung kecil. Dokterpun meresepkan Genoclom dan mengatakan kalau saya harus disuntik selama 5 kali berturut-turut setiap hari. Sedangkan pak suami ga dikasi treatment apa-apa. Senangnyaaa....


Konsultasi 1 + USG                      250.000
Cek FSH +Estradiol                      731.200
Cek Sperma                                   300.000
Konsultasi 2                                   100.000
Genoclom                                       235.000
TOTAL                                        1.616.200



Pasien pertama pagi itu


Cek darah di Lab. Pramita


Sabtu, 30 September 2017 (Cycle Day #4)

Dapet kabar dari suster kalau obat suntik yang dipesan baru akan datang besok (Minggu), jadi hari ini seharian kami keliling kota Pku aja. Ohiya, karena kami akan memulai petualangan baru sebagai anak kos, suami berinisiatif membeli perangkat yang diperlukan seperti ember, teko untuk merebus air, dan pisau untuk ngupas buah-buahan. Yah, saya memang kurang peka dengan hal-hal kaya gitu -maaf ya pak suami... Malam ini saya mulai mengonsumsi jus 3 Diva (wortel, tomat, apel hijau) yang konon berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan wanita. Alhamdulillah kami menemukan pedagang jus kaki lima di dekat RS dan Alhamdulillah juga ada tempat nongkrongnya yang dekat dengan lapangan basket. Pak suami jadi ga boring, secara dia atlet basket jadi saya ga feeling guilty juga tiap malem minta dianter beli jus :)


Jus 3 diva murah, meriah, sehat
Konsumsi putih telur 6 butir sehari


Minggu, 1 Oktober 2017 (Cycle Day #5)

Hari pertama saya disuntik hormon agar sel telurnya besar dan matang, jadi nanti bisa di panen ketika OPU. Nama obatnya Saizen, cuma saya ga tau dosisnya berapa. Suster menyuntikkannya  tepat dua jari di bawah pusar. Ga sakit koq karena jarumnya halus.. Ya kaya digigit semua api gitu deh.

Obat Saizen (untuk 5hari)                        6.000.000
Jasa suster injeksi @50.000                        250.000
TOTAL                                                     6.250.000



Box Saizen


Kamis, 5 Oktober 2017 (Cycle Day #9)

Konsultasi dan USG untuk melihat respon tubuh terhadap obat hormon yang telah diberikan. Dari USG diketahui bahwa ada 3 sel telur yang matang yaitu, 2 di sebelah kiri dan 1 di kanan. Tapi yang 2 di kiri itu kualitasnya ga bagus. Dokter memutuskan akan memanen 1 sel telur saja yang ada di tuba kanan. Ukurannya masih 17.5 mm, dan untuk dipanen minimal harus berukuran 18 mm. It's okay, masih ada waktu beberapa hari untuk menstimulasinya. Paling tidak saya lega karena tubuh saya sudah merespon dengan baik obat2an stimulasi yang diberikan walau cuma ada 1 sel telur yang benar-benar qualified untuk  dipanen nanti. Dokter meresepkan saya untuk disuntik Cetrotide malam itu juga selain suntikan Saizen yang ke lima. Perut saya sudah mulai ada tattoo nya :)) ...soalnya sudah mulai ijo-ijo lebam akibat sering disuntik, dokter resepkan Mefinal untuk mengurangi nyeri dibagian perut itu.

Konsultasi + USG                               200.000
Cetrotide                                             800.000
Mefinal                                                 25.000
TOTAL                                            1. 025.000



Jum'at, 6 Oktober 2017 (Cycle Day #10)

Hari ini konsul dan USG ngeliat ukuran sel telur. Alhamdulillah makin membesar... Suntikannya malam ini ditambah dengan Gonal-f  300 IU.

Konsultasi + USG                               200.000
Injeksi                                                    50.000
Cetrotide                                              800.000
Gonal- f                                               750.000
TOTAL                                              1.800.000


Box obatnya 


Sabtu, 7 Oktober 2017 (Cycle Day #11)

Setelah konsul dan USG malam ini suntikan ditambah lagi dengan Ovidrel. Dokter merujuk saya untuk cek Estradiol, jika hasilnya diatas 200, maka OPU akan dilaksanakan hari Senin pagi. Alhamdulillah.. pas di lab. Pramita, mereka sedang ada event ulang tahun ke-3 lab nya, dan hari itu semua customer dapat diskon 30% yeeayyy..... dan hasil cek Estradiol saya diatas 200, artinya Senin saya sudah siap untuk OPU (Ovum Pick Up)

Konsultasi + USG                         200.000
Injeksi                                              50.000
Ovidrel                                           825.000
Cek lab Estradiol                           356.000
OPU                                           27.000.000
TOTAL                                      28.431.000


Lab nya lagi ultah, banyak kue gratis dan diskon. Love it!!

Senin, 9 Oktober 2017 (Cycle Day #13)

Jam 7 kami sudah datang ke PMC, walaupun jadwal OPU  baru jam 8.30. Ga apa-apa deh nunggu di RS dari pada nanti keburu-buru jadinya ga tenang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum OPU:

  • Jangan pakai perhiasan, parfum, body lotion, deodorant dan make-up. Pokoknya harus polos.
  • Puasa 10 jam sebelum OPU. Karena jadwal OPU saya jam 8.30 pagi, saya mulai puasa jam 10 malam.
  • Masuk keruangan OPU tidak boleh ditemani suami. Diruangan ini saya sempat hitung cuma ada 5 orang, 4 suster dan 1 dokter Obgyn. 
  • Semua pakaian dilepas diruang transit. Tidur di meja operasi ini dalam keadaan bugil dan hanya selimut yang nutupin badan kita. 
  • Bius total. Ga akan ngerasain apa-apa selama OPU. Jadi santai aja, jangan tegang. Kalo tegang malah susternya susah mau nyuntik anastesinya.
Sebelum disuntik anastesi, susternya sempat bilang ke saya kalau ngantuk jangan ditahan. Saya ngangguk aja waktu itu walau hati deg-degan juga karena saya belum pernah di bius total seumur hidup, dan ini pengalaman pertama saya. Sempat takut karena pernah baca kalau tubuh pasien bisa aja ga bereaksi dengan bius tersebut, alias bius tidak bekerja. Sambil zikir saya serahkan semuanya sama Allah. Suntikan pertama yaitu jarum infus masuk lewat tangan kiri saya. Kemudian suster ngomong kalau akan menyuntikkan bius ke dalam infus saya. Beberapa detik saya rasakan makin lama badan tubuh saya makin ringan dan terasa terangkat. Setelah itu saya sempat lihat suster menyutikkan lagi cairan yang membuat tangan saya merasa ada aliran dingin dan membuat kebas di tangan kiri saya. Setelah itu saya tidak merasakan apa-apa lagi.
Saya baru tersadar ketika suster memanggil-manggil nama saya, menepuk pipi saya dan mengambil alat bantu pernafasan yang juga terpasang di mulut saat saya pingsan tadi. Masih dalam keadaan  setengah sadar, meja yang saya tiduri kemudian di dorong suster ke ruang transit. Kepala saya masih berasa pusing dan berat juga ngatuuukk. Jam dinding di depan saya menunjukkan pukul 9.30. berarti 1 jam proses OPU tadi, dalam hati saya bergumam. Sudah jam 1 siang, tapi saya belum digeser keruangan dimana suami saya menunggu. Makin lama saya makin merasa haus dan lapar. Yaiyalaahh puasa dari malam ditambah lagi ruangannya dingin, perut jd kembung juga. Tiba-tiba keinget suami, apa dia sudah makan siang? Jam 2 saya digeser ke ruangan dimana suami saya menunggu. Legaaa rasanya.. walau perut keroncongan tapi ngeliat suami masih siaga saya jadi punya semangat baru :)
Setelah kuat untuk jalan, suami memapah saya keluar RS dan kamipun nyari makan siang. Suster berpesan agar saya tetap mengonsumsi obat yang masih ada di saya dan banyak istirahat. 



Selasa, 10 Oktober 2017 (Cycle day#14)

Saya dapat pesan WA dari suster yang mengatakan kalau dokter akan melakukan ET (Embrio Transfer) hari Kamis. Saya langsung sujud syukur, karena artinya embrio kami sudah berhasil membelah menjadi beberapa sel dan siap untuk di transfer ke rahim saya... Karena cuma 1 sel telur yang di panen kemarin, saya sempat khawatir akan keberhasilan sel telur itu untuk membelah setelah di ICSI. Seandainya gagal menjadi embrio (sel tidak membelah sempurna) artinya kami tidak punya cadangan sel telur dan harus mengulang stimulasi dari awal lagi.

ET                        7.500.000


Kamis, 12 Oktober 2017 (Cycle Day #16)

Berbeda dengan OPU, saat akan  ET kita dianjurkan untuk sarapan. Dan suami juga boleh masuk ke ruangan ET, nemenin dan melihat prosesnya lewat layar monitor. Kita juga berpakaian lengkap dan tidak dibius. Seperti USG aja sih rasanya. Hanya saja, saat ET ini kita harus dalam keadaan sesak pipis. Sebelum masuk ruang ET, disuruh minum yang banyak dan harus nahan rasa ingin pipis. Kalau belum sesak pipis, ET ga akan dimulai. Sumpah..ga nyaman banget rasanya!!. Kenapa harus nahan pipis? Karena saat kandung kemih penuh, akan mudah bagi dokter melakukan proses transfer embrio. Perjalanan embrio bisa tampak jelas keluar dari kateter. Waduh ga nyaman bangeeet rasanya waktu itu, apalagi saat perawat menekan-nekan bagian bawah perut dengan alat USGnya untuk menentukan letak yang pas untuk dilepaskannya embrio oleh dokter. Udah pengen pipis aja tuh. Dokternya malah bilang "Bu, saya jangan dipipisin yah.. " hahahaa

Terharu banget ketika dokter memperlihatkan pada kami embrio yang dia tanamkan.. keciiil banget cuma setitik putih dalam rahim yang gelap. Subhanallah.. inilah yang bakal menjadi janin nantinya.
Ga bisa nahan rasa haru saat itu.. Proses ET cuma 15 menitan. Setelah ET saya dibiarkan berbaring selama 45 menit di ruangan itu ditemani pak misua. Sambil dipapah suami, setelah 45 menit sayapun keluar rumah sakit untuk nyari makan siang. Ehh... tapi nyari toilet dulu ding sebelumnya, ngebuang perut bawah yang udah nyeri bangettt. Aaaah legaaaa rasanya abis pipis. Saya dianjurkan tetap mengonsumsi sisa obat yang masih ada di saya. Banyak istirahat, bed rest ga wajib sih. Just doing what makes you comfort. Jangan stress pokoknya!!



Kamis, 26 Oktober 2017 (Cycle day #30)

Saya memang ga mau tes pack karena selama ini selalu kecewa dengan "garis satu". So, saya tes Beta HCG aja di Prodia dan hasilnya minta di e-mail. Dan hari ini saya mendapatakan hasil kalau saya masih belum dipercaya Alloh untuk punya baby. B-HCG saya < 1.2 mlU/mL .
Embryo gagal menempel didinding rahim. Ga usah dibilang lg deh rasanya saat itu, mana pak misua lg tugas ke luar kota... sendirian dirumah. Ga bisa dijelasin dengan kata-kata perasaan hati waktu itu.

Dokter menjelaskan, bahwa sebenarnya dengan gagalnya embryo ini adalah tanda Alloh masih sangat sayang sama kita. Embryo yang ditanam sudah baik, tapi koq masih gagal juga?? Ternyata faktor Tuhan-lah yang menjadi kuncinya, segala sesuatu yang sudah kita usahakan sebaik mungkin, kata “putus” tetap ditangan-Nya dan itulah yang “baik” untuk kita dan pasangan, karena sebagian besar penyebab kegagalan bayi tabung adalah kelainan kromosom serta kelainan pembelahan sel, jika kehamilan tersebut berlanjut besar kemungkinan terjadi “cacat” pada janin tersebut. 

Awalnya sulit untuk bisa memahami dan menerima kenyataan ini, bahkan sangat sangat sulit... Tp lama kelamaan saya mulai memahami bahwa Alloh adalah sebaik-baik penyusun skenario hamba2-Nya. 

Qodarullah wa maa syaa'a fa'ala (Alloh telah mentakdirkannya, dan apa yang Dia kehendaki Dia perbuat).  

manusia hanya bisa ber ikhtiar. Keputusan tetap mutlak ditangan Alloh SWT. 
Semoga kami berdua masih diberi kesempatan sama Alloh untuk suatu saat menimang buah hati yang nantinya bisa beribadah kepada Alloh dan mendo'akan kami jika Alloh sudah memanggil. 

Tetap semangat!!... jangan pernah putus harapan. Focus on the parameters you can change, like improving your lifestyle and preparing your body in the best possible way. Ayo semangat untuk hidup sehat, tingkatkan kualitas ibadah daaaaaann  nabung lagii hehee....

“Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan” .... maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?









Komentar

  1. Hai mba..sy bsk jumat tgl 16 feb akan ET dg dr ihsan. Thanks ya sharing pengalamannya. Jujur, sy deg2an nih mjelang ET...mhn doa ya mba. Tetap semangat mba..😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sherly ... semoga Alloh lancarkan proses ET nya besok yaa Aamiin Ya Mujibassailiien. Tetap tenang dan serahkan semuanya sama Sang pemberi hidup. Makasih juga udah mampir di blog saya..

      Hapus
  2. Assalammualaikum mba kiki.. Hr ini jdwal sy terima raport mba. Dan hari ini jg haid sy datang.
    Sedih banget rasanya..dunia seakan runtuh.
    Mana suami lg dluar kota. Mba pny nmr wa ga? Biar kita bs saling sharing. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAlloh mba...kita adalah orang2 terpilih yg sgt disayang Alloh. #peluukk
      Maaf br respon, krn lg hectic kerjaan kantor.
      Silakan japri saya di 0895620801670

      Hapus
  3. Assalamualaikum mba kiki. Sememangnya mba kiki kuat dan dibawah kasih syg Allah. Terima kasih mba kerana perkongsia mba beri inspirasi pada saya untuk kuat dan coba jalani IVF untuk ikhtiar hamil. Saya akan ke Penang karena hampir dgn domisili saya. Cuma butuh agen utk aturan perjalanan lebih selesa. Mohon doa buat kami ya. Saya doakan ibu dikurniakan cahaya mata yg soleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Fii amanillah mba Zetty. Semoga dilancarkan dan senantiasa diberi yang terbaik oleh Alloh SWT.

      Hapus
  4. Makasih mba sharing nya... saya Insya Allah sedang menjalani ivf.. doakan sukses ya mba... bismillah.. Allah berikan kepercayaan itu dan sehat2 selalu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Netherlands- Belgium-France dalam 2 hari 1 malam

Dikerjain "tukang"